About Me

kesehatan penting bagi kita.untuk itu saya membuat blog ini sebagai buku dan juga pengetahuan saya sendiri dan juga catatan saya

Pernak - Pernik U

Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan 

<a Batam Blogger community Site Meter

Followers

Redam Demam dengan Timun

seng nulis David Hermanto Sunday, July 12, 2009

Timun sangat berkhasiat untuk tubuh untuk meredam demam serta rasa panas saat sariawan. Juga sangat tepat sebagai masker wajah untuk mempercantik diri.

Segelas es mentimun serut dicampur sirup atau madu di siang hari sangat cocok sebagai pelepas dahaga. Selain menyegarkan, mentimun juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Kaum wanita banyak yang menggunakannya untuk menjaga kecantikan.
Mentimun (cucumis sativus) atau timun banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk lalapan atau acar. Di balik rasa segarnya timun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.
Irisan timun sering dijumpai pada hidangan ayam bakar, ikan bakar atau sate. Konon timun bisa menetralisir radikal bebas yang dihasilkan dari arang yang memicu terjadinya penyakit kanker. Tidak salah memang karena timun memiliki senyawa saponin yakni senyawa antikarsinogenik yang memiliki aktivitas “melawan” secara langsung pada sel kanker.
Selain itu Glutation yang terdapat dalam timun berfungsi sebagai penangkal efek radikal bebas di dalam tubuh dan Asam Linoleat bersifat antioksidan yang terkandung di dalam biji timun. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengambil manfaat timun.
Saat demam, parutan buah timun yang digunakan untuk mengompres dapat dengan segera menurunkan demam. Mengonsumsi jus timun setiap hati juga baik untuk melancarkan air seni dan juga menurunkan darah tinggi.
Timun ternyata bermanfaat untuk meredakan sariawan atau seriawan. Dengan memakannya setiap hari dalam jumlah cukup banyak, niscaya buah yang memberi rasa dingin di rongga mulut ini mampu meredam rasa panas saat sariawan.
Untuk perawatan kulit dan wajah kaum wanita sering menggunakan timun sebagai masker. Timun sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan airnya mampu menyegarkan kulit wajah. Cara memakainya pun sangat mudah. Letakkan irisan timun pada wajah beberapa saat, lalu gosokkan perlahan-lahan pada seluruh wajah dan leher. Cara itu dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih berseri dan jerawat pun hilang.
Mata yang sering lelah dan mengantuk juga dapat diatasi dengan timun. Tempelkan irisan timun selama 20 menit pada kelopak untuk mengatasi mata yang sering lelah dan mengantuk.

0 omongan

Post a Comment

Selamat Datang Di Blog Saya. Mohon mengisi buku tamu kami sabagai referensi buat kami,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Label Cloud

Buku Tamu

Tukar Link

BannerFans.com

Iklan