About Me

kesehatan penting bagi kita.untuk itu saya membuat blog ini sebagai buku dan juga pengetahuan saya sendiri dan juga catatan saya

Pernak - Pernik U

Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan 

<a Batam Blogger community Site Meter

Followers

Mencegah Kanker paru-paru

seng nulis David Hermanto Thursday, February 26, 2009



Kasus kanker paru-paru yang sebagian besar ditemukan merupakan karsinoma bronkogenik yaitu karsinoma yang berasal dari sel-sel epitel bronkhus (cabang tenggerok) dalam paru-paru. Walaupun merupakan jenis kanker yang dapat dicegah, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian kanker paling tinggi pada pria dan sekarang banyak juga menyerang wanita. Kanker ini umumnya menyerang kelompok usia 40 tahun ke atas. Beberapa penderita kanker paru-paru dapat hidup lebih dari 5 tahun setelah didiagnosa, tetapi prognosisnya buruk.Sekarang ini frekuensi kanker paru di seluruh dunia semakin meningkat. Hal ini berhubungan dengan semakin tingginya penghisapan polutan yang bersifat karsinogen, yaitu tingginya polusi udara dan penggunaan rokok. Kanker jenis ini hampir banyak menyerang orang-orang perokok berat, sekitar 80% dari penderita kanker paru-paru adalah perokok. Polutan yang terdapat di dalam rokok akan merusak sel-sel paru-paru. Resiko perokok menjadi penderita kanker paru-paru tergantung pada jumlah batang rokok yang dihisap setiap hari, kadar nikotin yang terdapat dalam rokok, dalamnya isapan rokok, dan umur mulai merokok. Polutan pada rokok juga berbahaya bagi orang yang ikut mengisap asap rokok di sekitar si perokok (perokok pasif). Ada faktor lain yang dapat mendorong pembentukan kanker paru-paru yaitu pencemaran udara dan industri, seperti asbestos, uranium, arsen, nikel, oksidasi besi, kromium debu radioaktif dan debu tambang batu bara.Para pekerja pabrik rentan sekali terhadap kanker paru-paru. Menghisap rokok adalah suatu kebiasaan yang telah tersebar di kalangan masyarakat. Merokok dapat membahayakan tubuh manusia dan dapat menyebabkan kematian secara mendadak, dan asap rokok juga merugikan bagi orang sekitarnya yang ikut menghisap asap rokok (perokok pasif), rokok juga menjadi sumber pemborosan. Sedang yang mengherankan, sebagian orang menyatakan bahwa rokok adalah lambang kejantanan dan tanda orang yang berkemauan kuat, sementara para perokok itu tidak mampu mencegah nafsu merokok yang jelas-jelas merusak badannya dan hartanya. Merokok tidakhanya berisiko terkena penyakit kanker paru-paru tetapi berisiko juga terkena penyakit lain seperti stroke, kanker nasofaring, dan gangguan jantung.Kanker paru-paru dapat menyebar ke seluruh tubuh, tetapi terutama ke otak, sumsum tulang belakang, hati dan tulang. Metastasis (penyebaran) kanker paru sebagian besar melalui pembuluh getah bening. Gejala yang timbul pada penyakit kanker paru-paru tergantung pada letak pertumbuhan dan tingkat penyebaran tumor. Banyak kasus kanker paru yang tidak menunjukan gejala pada awalnya. Berikut adalah gejala penyakit kanker paru-paru :
Mulai batuk-batuk sampai berminggu-minggu dan kadang-kadang sampai menahun sehingga suara menjadi parau.
Nafsu makan tidak ada, menyebabkan berat badan berkurang.
Nyeri terasa di dada dan diikuti dengan keringat dingin di waktu malam hari.
Waktu bernafas dada terasa sesak.
Dahak terlihat bercak-bercak karena telah bercampur dengan darah.
Untuk mendiagnosa kanker paru-paru selain dengan melihat gejala-gejala dan pemeriksaan fisik juga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, diantaranya yaitu :
Pemeriksaan radiologi (sinar X) pada dada, untuk mengetahui perkembangan tumor.
Sitologi dahak (sputum sitology), menganalisis sel dalam sputum.
CAT scan pada dada,
Bronchoscopy, untuk mengetahi besar dan lokasi tumor
Biopsi jarum dari paru-paru dapat mendeteksi tumor dan bagian luar dari paru-paru. Dapat mengdiagnosa 80% dari penderita kanker.
Biopsi jaringan (mengangkat dan menganalisis jaringan yang terkena).
Thoracosentesis (mengeluarkan cairan dari rongga dada).




Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar darikanker paru-paru adalah :
Menghindari merokok, dan mulai berhenti apabila telah merokok, karena rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru
hindari ikut menghisap asap rokok (perokok pasif)
bagi yang bekerja di industri yang menghasilkan polutan karsinogenik harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja.
Berolah raga secara teratur untuk mempertahankan daya tahan tubuh.
Melakukan pemeriksaan secara teratur terutama bagi yang berisiko tinggi, agar dapat terdeteksi secara dini.




Selain dengan pengobatan medis seperti radiasi, kemoterapi maupun operasi. Pengobatan kanker paru-paru dapat dibantu dengan menggunakan ramuan tumbuhan obat. Berikut beberapa jenis tumbuhan obat untuk kanker paru-paru
Tumbuhan Cakar Ayam (Selaginella doederleinii)Khasiat/efek farmakologis : sebagai antikanker (antineoplastik), antitoksik, menghentikan pendarahan (hemostatik), penurun panas (antipiretik) dan menghilangkan bengkak.
Jali (Coix lachryma-jobi L.)Khasiat/efek farmakologis : memperkuat limpa dan paru, menghilangkan lembab, antiradang, peluruh kemih, membantu penyerapan, mengeluarkan nanah dan menyembuhkan bisul.
Jombang (Taraxacum mongolicum Hand-Mazz)Khasiat/efek farmakologis: sebagai antibiotik, anti-radang, menghilangkan bengkak, menghilangkan panas dan racun, peluruh kemih.Jombang mengandung polisakarida yang menghambat sarkoma-180 dan tranplantasi sel kanker paru manusia pada tikus. Rebusan jombang dapat mengaktifkan macrophag, merangsang pembentukan sel darah putih/limfosit dan pembentukan antibodi, yang semuanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Rumput Lidah Ular (Hedyotis diffusa) dan rumput mutiara (Hedyotis coymbosa)Khasiat dan efek : menghilangkan panas, antiradang, peluruh kemih, menghilangkan panas dan toksin/racun, mengaktifkan sirkulasi darah.
Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.)Khasiat dan efek : masuk meridian jantung dan paru-paru. Sebagai antiradang, menurunkan panas, penawar racun, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak.- Sambiloto dapat merusak sel trophocyt dan trophoblast, berperan pada kondensasi cytoplasma dari sel tumor dan menghancurkan inti selnya.




Berikut beberapa contoh ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kanker paru-paru.



Resep 1.



60 gram herba cakar ayam kering + 15 gram sambiloto kering + 5 gram buah mahkota dewa kering, semuanya direbus dengan 800 cc air (dengan api kecil) hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum setelah dingin 2-3 kali sehari.



Resep 2.



60 gram rumput lidah ular kering + 30 gram jombang kering + 30 gram ban zhi lian (Herba Scutellariae barbatae), direbus dengan 1000 cc air (dengan api kecil) hingga tersisa 600 cc, disaring, airnya diminum untuk 3 kali sehari.



Resep 3.


60 gram herba leunca + 30 gram biji jali + 60 gr temu putih segar + 60 gr akar alang-alang, semuanya direbus dengan 1200 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari.


Catatan :
untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca
rumput lidah ular (bae hua she-she cao), jombang (pu gong ying), dan herba Scitellariae barbatae (ban zhi lian), dapat dibeli di toko obat tionghoa.pilih salah satu resep dan tetap konsultasi ke dokter

0 omongan

Post a Comment

Selamat Datang Di Blog Saya. Mohon mengisi buku tamu kami sabagai referensi buat kami,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Label Cloud

Buku Tamu

Tukar Link

BannerFans.com

Iklan