About Me

kesehatan penting bagi kita.untuk itu saya membuat blog ini sebagai buku dan juga pengetahuan saya sendiri dan juga catatan saya

Pernak - Pernik U

Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan 

<a Batam Blogger community Site Meter

Followers

Penyakit insomnia (susah tidur)

seng nulis David Hermanto Thursday, February 26, 2009



Penyakit insomnia (susah tidur) bukan ditentukan dari berapa lama waktu tidur, melainkan lebih pada kualitas tidur, yaitu apakah kita benar-benar bisa beristirahat saat tidur. Sebenarnya orang dewasa hanya perlu tidur 6-8 jam sehari, sedangkan pada anak-anak harus lebih dari 6-8 jam sehari. Setiap orang sekali waktu pasti pernah mengalami susah tidur. Namun, akan menjadi masalah bila terjadi setiap malam selama 3 minggu secara berturut-turut. Seseorang baru dikatakan menderita insomnia bila ia mengalami kesulitan tidur nyenyak, sering terbangun di malam hari, sering bangun terlalu pagi dan susah untuk tidur kembali, rasa kantuk atau lelah disiang hari.Kurang tidur juga dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit, terutama virus. Kurang tidur ataupun sedikit tidur akan menurunkan respon kekebalan tubuh. Kondisi ini menyebabkan ketahanan tubuh kita terhadap kuman penyakit seperti virus, bakteri dan lain-lain akan menurun drastis. Daya tahan tubuh yang lemah membuat kita mudah terserang penyakit. Penyakit seperti flu dan infeksi saluran nafas biasanya akan menyerang pertama kali. Penyebab insomnia bermacam-macam. Bagi penderita insomnia untuk mengobatinya carilah sebabnya terlebih dahulu mengapa terjadi insomnia. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sering terbangun saat sedang tidur (insomnia) adalah:
Pergi tidur dalam keadaan perut kosong, atau bahkan perut penuh dengan makanan yang susah untuk dicerna.
Karena adanya gangguan penyakit lain, seperti : rematik, flu, sakit gigi, operasi, patah tulang, dan lain-lain.
Tekanan emosi yang hebat dalam pekerjaan dan himpitan ekonomi yang menjadi salah satu penyebab terjadinya stres.
Terlalu bersamangat dan terlalu lelah dalam berkerja juga bisa mengakibatkan tidur tidak nyaman atau sulit tidur.
Pertambahaan usia.
Perubahan waktu tidur atau karena jadwal kerja bergilir (tidak menentu).
Gejala yang sering dirasakan oleh penderita insomnia adalah :- selalu mengalami kurang tidur (kurang istirahat)- Merasakan perasaan gelisah dan mudah marah.- Lelah, lesu, malas dan ngantuk pada waktu selesai makan siang- Otak juga tidak bisa berfikir dengan jernih karena terlampau lelah.Jangan gunakan obat tidur dalam jangka waktu yang panjang karena obat tidur mempunyai efek samping yang berbahaya jika digunakan terlalu sering. Efek sampingnya mulai dari yang ringan seperti pusing, mengantuk di siang hari, sampai yang berat seperti lambat bereaksi, inkoordinasi (tidak dapat berkoordinasi), gangguan mental, gangguan pikiran, dan bahkan depresi.Tidak sedikit cara-cara lama yang masih bisa digunakan untuk menghindari insomnia, dan cara-cara itu masih bisa berkerja dengan baik. Berikut ini cara yang bisa digunakan oleh penderita insomnia agar dapat tidur senyaman mungkin, adalah:
Hindari kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi, teh, coklat, dan beberapa minuman ringan lainnya yang mengandung stimulan).
Mandilah yang lama dan yang senyaman mungkin dengan air hangat sebelum berangkat tidur (cara ini bisa menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga bisa rileks sebelum tidur).
Pakailah pakaian yang santai dan bersih
Bacalah buku atau lakukan sesuatu secara berulang-ulang atau aktivitas yang membosankan.
Atur ruangan tidur senyaman mungkin, ciptakan suasana yang tenang dan gelap. Gunakan bantal dan selimut yang bersih dan segar, dan atur suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).
Jangan pernah menaruh barang-barang yang tidak diperlukan didalam kamar tidur.
Hilangkan semua kecemasan ketika tidur, jangan biarkan diri memikirkan kesalahan yang telah di buat tadi siang.
Jangan pernah tidur lebih dari yang diperlukan, karena kebanyakan tidur akan membuat tubuh menjadi lesu dan malas.
Bila insomnia dikarenakan penyakit lain, maka harus disembuhkan terlebih dahulu penyakitnya.
Bila kita termasuk orang yang bermasalah dengan tidur, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk menjadi produkif, sehat dan suasana hati yang damai. Berikut ini adalah tanaman obat yang dapat digunakan untuk penderita penyakit insomnia, adalah :Resep Pertama1-1,5 akar melati dicuci bersih, lalu digiling dan ditambahkan air matang secukupnya, saring, lalu diminum.Resep Kedua15 gram biji teratai + 6 butir angco + 1 buah pala (diambil daging buahnya saja dan diiris-iris), direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan 1 sendok madu murni. Lalu airnya diminum hangat-hangat, sedangkan bahan-bahannya dimakan.Resep ketiga15 gram pahap (umbi bunga lili kering) + 20 kuntum bunga sedap malam kering (kim cim) + 10 butir biji teratai, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum. Bahan-bahannya dapat dimakanResep KeempatKangkung secukupnya dicuci bersih, direbus atau di tumis, kemudian dimakan.Catatan :
Biji teratai, angco (kurma tiongkok), pahap (umbi bunga lili) dan kim cim dapat dibeli di toko obat tionghoa.Untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel.

0 omongan

Post a Comment

Selamat Datang Di Blog Saya. Mohon mengisi buku tamu kami sabagai referensi buat kami,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Label Cloud

Buku Tamu

Tukar Link

BannerFans.com

Iklan