About Me

kesehatan penting bagi kita.untuk itu saya membuat blog ini sebagai buku dan juga pengetahuan saya sendiri dan juga catatan saya

Pernak - Pernik U

Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan 

<a Batam Blogger community Site Meter

Followers

Susu Lebih Sehat,

seng nulis David Hermanto Sunday, December 7, 2008

Susu lebih sehat yang baik untuk kesehatan jantung ternyata bisa diproduksi dengan cara mengubah makanan sapi. Para ilmuwan menemukan bahwa pemberian makan biji lobak pada sapi akan menghasilkan susu berkadar kolesterol rendah.

Susu tersebut juga mengandung asam lemak tak jenuh --lemak rendah kolesterol yang biasanya ditemukan dalam minyak nabati-- lebih banyak. Dalam percobaan, sapi yang menyantap 600 gram biji lobak tiap hari, bakal menghasilkan susu dengan kandungan asam lemak rendah kolesterol 35 persen. Asam lemak tak jenuh diketahui terdapat pula dalam minyak zaitun dan dipercaya merupakan salah satu kunci kesehatan orang-orang di Mediterania.

Susu dari sapi yang diberi biji lobak juga akan lebih sedikit mengandung asam lemak jenuh yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Persentase asam lemak jenuh itu sekitar 26 persen lebih rendah dibanding susu sapi biasa.

Rahasia susu sehat ini ditemukan secara tidak sengaja oleh para ilmuwan di Irlandia Utara yang semula akan meneliti cara menghasilkan mentega yang lebih mudah dioleskan. "Namun penemuan sampingan ini di masa mendatang bisa digunakan untuk membuat produk-produk yang lebih sehat, mulai dari keju hingga es krim rendah kolesterol," ujar Dr Ann Fearon, pimpinan peneliti dari Universitas Queen di Belfast.

Adapun para peneliti melakukan uji coba pemberian biji lobak pada empat kelompok sapi. Kelompok pertama tidak mendapat biji lobak sama sekali, kelompok lain mendapat 200 gram, 400 gram dan 600 gram pada makanannya.

Hasilnya, susu yang dihasilkan makin sehat --dengan kadar lemak jenuh lebih sedikit dan lemak tak jenuh lebih banyak-- pada sapi yang diberi biji lobak lebih banyak.

Menurut Dr Fearon, biji lobak tidak hanya menambahkan asam lemak tak jenuh pada darah dan susu sapi. Bahan ini juga bereaksi dengan enzim-enzim yang mengubah lemak jenuh menjadi lemak sehat. Jadi bila ingin lebih sehat, minimlah susu dari sapi yang diberi biji lobak! (nature/wsn)

0 omongan

Post a Comment

Selamat Datang Di Blog Saya. Mohon mengisi buku tamu kami sabagai referensi buat kami,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Label Cloud

Buku Tamu

Tukar Link

BannerFans.com

Iklan