About Me

kesehatan penting bagi kita.untuk itu saya membuat blog ini sebagai buku dan juga pengetahuan saya sendiri dan juga catatan saya

Pernak - Pernik U

Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan 

<a Batam Blogger community Site Meter

Followers

Manfaat Kurma

seng nulis David Hermanto Friday, January 2, 2009


Jadikan Kurma Sebagai Cemilan
Jika selama ini kurma hanya Anda konsumsi saat bulan puasa, mulai sekarang jadikan kurma sebagai camilan sehari-hari karena manfaat yang dimilikinya.
Selama ribuan tahun, buah kurma telah menjadi makanan pokok di sebagian besar daerah di Timur Tengah. Pohon kurma dipercaya berasal dari Teluk Persia yang kemudian menebar luas ke Mesopotamia hingga Mesir pada 6000 SM, dan semakin dikenal di negara-negara Arab bagian Timur pada 4000 SM.
Lalu, pedagang Arab memperkenalkannya ke daratan Afrika dan Spanyol. Buah kurma dapat diolah dengan beragam cara. Dapat dicincang begitu saja untuk dijadikan salah satu bahan puding, roti, bolu atau biskuit dan diolah menjadi selai, sirup, madu, gula, cuka, alkohol, campuran untuk coklat batangan dan jus.
Jus kurma banyak dikonsumsi di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam sebagai minuman pengganti sampanye versi nonalkohol untuk acara spesial ataupun hari-hari keagamaan.
Kurma juga baik untuk kesehatan karena kandungan zat taninnya yang bermanfaat untuk mengobati penyakit usus, tenggorokan, flu, radang selaput lendir hidung dan untuk mengobati sakit gigi.
Dalam bidang kecantikan, minyak kurma umum digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun dan beberapa produk kosmetik.
Hampir semua bagian dari pohon kurma tidak hanya buahnya ternyata juga memiliki manfaat. Kurma juga salah satu sumber nutrisi yang sangat baik.
Jumlah kalori yang terkandung dalam kurma jauh lebih tinggi dibandingan dengan pisang maupun jeruk. Kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti vitamin B kompleks.
Cukup dengan memakan lima atau enam buah kurma sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan buah setiap hari. Pohon kurma dapat tumbuh setinggi lebih dari 30 meter dan usianya dapat mencapai lebih dari 200 tahun.
Fakta tentang buah kurma
Buah kurma berbentuk oval berdiameter 2-3 centimeter dengan panjang 3-7 cm. Saat buah kurma belum terlalu matang, warnanya berkisar antara merah hingga merah merah kekuningan. Biji kurma memiliki panjang 2 - 2,5 cm dengan ketebalan 6-8 mm.
Buah kurma terbagi dalam tiga jenis, lunak, semi kering dan kering. Pembagian dilihat dari kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. Buah kurma segar dengan berat 100 gram memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.
Sekarang bagaimana mengolah kurma untuk dijadikan makanan berbeda? Berikut resep yang dapat diikuti dengan menggunakan buah kurma.
Klappertart Kurma
Bahan-bahannya terdiri dari 400 gram daging kelapa muda, iris memanjang, tiga butir telur ayam, 250 gram gula pasir, 75 gram tepung maizena, 75 ml susu kental manis, setengah sendok vanili bubuk, dan 600 mililiter susu cair
Sedangkan untuk bahan bagian atas (topping) dua putih telur, 50 gram kenari kupas, 25 gram kurma potong dadu
Cara mengolahnya, kocok telur dan gula, lalu masukkan maizena, susu kental manis, dan vanili, aduk rata. Masukkan susu, panaskan di atas api sedang. Masukkan kelapa muda, aduk hingga mengental. Tuang adonan ke pinggan tahan panas, lalu ratakan.
Untuk membuat topping, kocok putih telur hingga kaku lalu tuang ke atas adonan. Taburi dengan kenari dan kurma. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat, panggang adonan selama 20 menit. Angkat, dinginkan dan simpan dalam kulkas. [L1]

0 omongan

Post a Comment

Selamat Datang Di Blog Saya. Mohon mengisi buku tamu kami sabagai referensi buat kami,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Label Cloud

Buku Tamu

Tukar Link

BannerFans.com

Iklan